BERITA OTORITAS PELABUHAN

OPTIMALKAN TOL LAUT UNTUK DISTRIBUSI MINYAK GORENG

By : Kategori : Pelabuhan Tanjung Priok 23 Nov 2022 04:35:58


JAKARTA -  Kapal tol laut turut mendistribusikan minyak goreng kemasan rakyat ke wilayah Indonesia Timur. Sebanyak 1.200 ton atau sekitar 1,3 juta liter minyak goreng kemasan diangkut dengan menggunakan kapal tol laut KM Kendhaga Nusantara 12 dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta menuju ke sejumlah daerah di wilayah Timur Indonesia, di antaranya Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyaksikan langsung peluncuran distribusi program Mobilisasi Minyak Goreng Kemasan Rakyat 'Minyakita' bersama Menteri Perdagangan Zulfikli Hasan, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (11/8).

“Hari ini saya senang, karena tol laut terus memberikan perannya. Kami bersama Menteri Perdagangan bisa mendistribusikan minyak goreng ke Indonesia Bagian Timur dengan harga yang terjangkau,” ujar Menhub.

Menhub mengapresiasi upaya yang dilakukan jajaran Kemendag beserta sejumlah pemangku kepentingan terkait yang telah menginisiasi dan mendukung upaya menstabilkan harga minyak goreng di wilayah Indonesia Timur.

Fasilitas tol laut merupakan konsep pengangkutan logistik yang diluncurkan oleh pemerintah Indonesia untuk mengatasi tingginya disparitas harga komoditas antara wilayah barat dan timur. Pada prinsipnya tol laut adalah penyelenggaraan angkutan laut secara tetap dan teratur yang menghubungkan pelabuhan-pelabuhan hub disertai feeder dari Sumatra hingga ke Papua dengan menggunakan kapal-kapal berukuran besar, sehingga diperoleh manfaat ekonomis dari program tersebut.

Beliau mengatakan bahwa pihaknya memberikan layanan tol laut untuk membuat harga ongkos pengiriman logistik menjadi relatif murah dan terjangkau, sehingga harga minyak goreng yang ditetapkan pemerintah senilai Rp 14.000 per liter itu tetap bisa dipertahankan. Menurutnya, keberadaan tol laut mampu memperlancar distribusi barang yang diharapkan bisa mewujudkan pemerataan harga setiap komoditas di seluruh wilayah Indonesia.

"Kita tahu saat ini minyak goreng mempunyai problem dalam mencapai harga keterjangkauan masyarakat. Dengan tol laut tentu kita memberikan harga yang relatif murah dan terjangkau, sehingga harga yang ditetapkan Rp14.000 satu botol (satu liter) itu tetap bisa dipertahankan," kata Menteri Budi.

Pada kesempatan yang sama, Mendag Zulkifli Hasan menjelaskan, harga rata-rata minyak goreng kemasan sederhana di Jawa dan Bali sudah mencapai Rp 13.000 per liter. Sementara itu, harga minyak  goreng kemasan sederhana di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi, sebagian sudah Rp 14.000 per liter dan ada yang telah menyentuh angka Rp 13.500 per liter.

“Hari ini dikirim 1.200 ton atau 1,3 juta liter minyak goreng kemasan sederhana  ke Papua, Papua Barat, Maluku, NTT. Kita menggunakan tol laut sehingga biaya transportasi lebih ringan. Sehingga di daerah timur Indonesia bisa menikmati minyak kemasan sederhana seharga Rp 14.000 per liter," ujar Zulkifli.

Pendistribusian minyak goreng dilaksanakan melalui Program Gerai Maritim yang bersinergi dengan Program Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik untuk Angkutan Barang di Laut (Tol Laut) ke Wilayah 3TP yang merupakan sinergi dari Kemendag, Kemenhub, dan ID FOOD selaku BUMN pangan pemasok MinyaKita, serta PT Bina Karya Prima (BKP) selaku produsen minyak goreng. Dengan upaya ini diharapkan dapat menjaga stabilitas harga barang/logistik seperti minyak goreng, khususnya di daerah wilayah terpencil, tertinggal, terluar dan perbatasan/3TP.

Berita Lainnya

Evaluasi Terminal Truck Booking System (TBS) Pelabuhan Tanjung Priok
31 Jul 2023 07:01:45

Evaluasi Progres Pelaksanaan Pengelolaan Limbah B3 Area Darat dan Rekonsiliasi Limbah di pelabuhan Tanjung Priok Semester 1 Tahun 2023
31 Jul 2023 07:00:08

Menindaklanjuti dan Memperhatikan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Nomor: KP.803/DJPL/2021 tanggal 31 Agustus 2021 perihal Penerapan Data Identifikasi Truk Tunggal (Single Truck Identification Data) di Pelabuhan Tanjung Priok
31 Jul 2023 06:52:43

Berita Terpopuler

Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Terima Penghargaan Sebagai Wilayah Bebas Korupsi
 Dilihat 5204 kali

OTORITAS PELABUHAN TANJUNG PRIOK RAJAI KOMPETISI JINGLE DITJEN HUBLA
 Dilihat 3122 kali

OP TANJUNG PRIOK IKUT 12 KAWASAN PELABUHAN LAUT DAN BANDAR UDARA DEKLARASIKAN KOMITMEN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS
 Dilihat 3069 kali

Kategori Berita

i